KURIKULUM

Kurikulum Sd Islam Al Hidayah

Kurikulum SD Islam Al Hidayah disusun secara terencana dan terkonsep dengan baik dan efisien yang bertujuan agar kegiatan belajar-mengajar berjalan dengan lancar, beban belajar rasional, namun tetap menyenangkan sehingga proses penyampaian ilmu pengetahuan dapat lebih mudah diserap para siswa.

Mengunakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan yang disusun secara terkonsep dan terencana untuk mengupayakan tercapainya keberhasilan suatu pendidikan, yang terdiri dari tiga tipe kurikulum pembelajaran, yakni Written Curriculum (kurikulum operasional) yang pembelajarannya sudah terencana dan akan dipraktikkan dalam proses belajar, selanjutnya Curriculum Null (kurikulum yang tidak diajarkan) kurikulum ini merupakan bentuk kebutuhan yang sebenarnya ada dalam pengalaman siswa, tetapi di sekolah tidak diajarkan, dan terakhir adalah Implicit Curriculum (Hidden) yang merupakan kegiatan pembiasaan dan prilaku yang dilihat oleh siswa dari lingkungan sekolah yang akan menjadi bagian pengalaman dalam membentuk karakter siswa.

Kurikulum disusun berlandaskan pada beberapa landasan yang dikenal dalam proses penyusunan dan pengembangan kurikulum, yaitu landasan filosofis, psikologis, sosiologis, ilmu pengetahuan dan teknologi yang juga mengintegrasikan pendidikan berbasis nilai keagamaan dan akhlak sebagai langkah menuju pribadi yang berkarakter.

Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan belajar SD Islam Al Hidayah mengedepankan aktivitas belajar yang aktif, kreatif, inovatif, dan menyenangkan yang melibatkan guru sebagai pengajar dan siswa dalam interaksi dua arah untuk menciptakan suasana belajar yang efektif juga menyenangkan. Shalat dhuha dan tadarus Al Quran/Iqra serta surat pendek setiap pagi sebelum proses belajar mengajar-belajar berlangsung guna menanamkan rasa cinta Al-Quran pada anak sejak dini. Sejak taun pelajaran 2018-2019, SD Islam Al Hidayah sudah menerapkan pembelajaran Al-Quran dengan metode tilawati. setiap pagi kelas 1-3 dibimbing oleh para guru yang sudah dilatih langsung Tim Tilawati Madrasah Pembangunan UIN Jakarta.

Budaya Sekolah

SD Islam Al Hidayah menanamkan nilai budaya dalam kegiatan pembiasaan sebagai faktor utama yang mempengaruhi terbentuknya karakter siswa, yaitu:
 

  • Penanaman cinta Al-Quran
  • Penanaman sikap keagamaan/Akhlak mulia
  • Penanaman minat baca
  • Penanaman cinta ilmu pengetahuan dan teknologi
  • Penanaman cinta seni dan olahraga

Kegiatan Pengembangan Diri dan Esktrakurikuler

SD Islam Al Hidayah menstimulasi kreativitas dan aktivitas siswa melalui kegiatan positif yang membangun, yaitu:

 

  • Kepramukaan: Wajib diikuti oleh seluruh peserta didik.
  • Keislaman: Tahfiz Al-Quran, Pildacil, Hadroh
  • Kesenian: Lukis, Tari, dan Sinematografi
  • Olahraga: Karate, Futsal, Basket, Bulu Tangkis, dan Tenis Meja
  • Sains: Kelompok Sains (sains club) dan Robotic